Rabu, 01 April 2015

Siapkan Pernikahan Dengan Budget Di Bawah Rp 80 Juta

Perencanaan Keuangan - Menikah bukan hal yang gampang. Terutama perayaannya. Persiapannya cukup menguras energi, pikiran dan emosi.

Apalagi jika kedua pengantin berasal dari suku yang berbeda sehingga ada beberapa acara adat yang harus dikompromikan supaya anggaran pernikahan tidak membengkak dan menghabiskan tabungan.
Memang lebih mudah dan sederhana jika Anda hanya melaksanakan akad nikah secara sederhana di KUA (Kantor Urusan Agama) atau Catatan Sipil tanpa disertai resepsi.

Akan tetapi, kalau Anda ingin merayakannya, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.
Simak tips berikut ini dalam membuat anggaran pernikahan sehingga biaya pernikahan Anda bisa di bawah Rp80 juta:


Tema pernikahan

Tema pernikahan harus ditentukan pertama kali karena inilah awal mula dan ujung pangkal dari semua perselisihan dan pengeluaran dua keluarga besar. Kalau memang Anda berniat menggunakan dua adat yang berbeda maka cara menyiasati anggarannya adalah dengan menggunakan adat yang berbeda saat akad nikah dan resepsi.

Misalnya, saat akad nikah, Anda menggunakan pakaian adat Minangkabau. Sedangkan, saat resepsi menggunakan pakaian adat Jawa.

Namun, bila budget Anda tidak terlalu banyak sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan padu padan, misalnya gaun pernikahan adalah hasil perpaduan dua budaya (malah bisa jadi hal unik dan menarik dalam pernikahan Anda). Pengaturan tema pernikahan Anda bisa menghemat budget kurang lebih 20 persen Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar