Jumat, 27 Juni 2014

Enggak Dosa, Kok Punya Kartu Kredit

Seminar tentang pengelolaan keuangan yang saya sampaikan baru berjalan 15 menit ketika seorang ibu menunjukkan tangan sebagai pertanda keinginannya untuk mengajukan pertanyaan.
“Pak, saya mau bertanya tentang kartu kredit nih, bisa enggak? Kartu kredit itu berbahaya dan sangat menjebak, kenapa sih diciptakan?”
Sambil sedikit terkejut saya menjawab dengan diplomatis :“Wah ibu pasti pecinta kartu kredit ya, sampai enggak sabar menunggu session utang dibahas.”

Masalah kartu kredit di Finansia Consulting tempat saya berkarya sebagai financial planner bersama beberapa rekan adalah kasus tertinggi kedua yang kami tangani untuk klien di bawah perencanaan pensiun dan di atas perencanaan pendidikan anak. Jadi sepertinya kartu ini sedang “naik daun” akhir-akhir ini.

Kartu kredit dan masalahnya
Beberapa waktu lalu kita dihebohkan  dengan adanya kasus meninggalnya seorang nasabah kartu kredit karena dugaan dianiaya. Di satu sisi kita bisa lihat bahwa ternyata kartu ini bisa membuat petaka bagi pemegang atau pemiliknya. Tapi saat anggota keluarga kita sakit, dan kita tidak memegang uang tunai, ketika kita keluar negeri dan harus membayar sesuatu saat uang tunai kita tidak di tangan maka kartu ini sangat membantu. Dengan gesekan halus, selesailah masalah kita dengan kewajiban pembayaran. Jadi memang kalau mau dilihat masalah kartu ini bias menjadi masalah, tapi bisa juga membantu lo. Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar