Kamis, 12 Juni 2014

Jangan Salah Kaprah Dengan Mitos Investasi Saham Yang Merugikan

Tahukah Anda ada 5 mitos investasi saham utama yang sering membuat investor individu mengalami kerugian? Mitos-mitos ini sering dialami oleh para investor individu pada level pemula dan menengah. Anda yang ingin mengetahui apa saja jebakan-jebakan investasi saham yang telah berubah menjadi mitos, silahkan pelajari 5 poin di bawah ini!

Harga terendah
Pertama, harga saham sudah turun sedemikian dalamnya sehingga tak mungkin turun lebih dalam lagi. Investor biasanya meyakini jika saham yang harganya sudah anjlok drastis, tak akan turun lebih rendah lagi. Faktanya belum tentu demikian. Contoh yang pernah terjadi, saham ADMG harganya jatuh dari Rp. 320,00 menjadi Rp. 200,00. Bila Anda percaya mitos investasi saham ini dengan membeli saham itu pada harga Rp. 200,00, Anda akan gigit jari karena harganya masih turun terus hingga sekitar Rp. 175,00 pada waktu itu.

Ke dua, menunda membeli saham, menunggu bila harganya mencapai titik terendah. Masalahnya, kita tak pernah tahu harga terendah suatu saham. Mirip seperti jingle iklan rokok di televisi sekian tahun lalu, di saat harga saham turun, investor hanya bisa bertanya, ’How low can you go?’ Menurut Lynch, memprediksi harga terendah saham yang sedang turun bagaikan menangkap pisau yang sedang jatuh. Pisau tak didapat dan malah melukai tangan. 

Cut loss
Ke tiga, Enggan menjual rugi / cut loss saham. Mengetahui harga saham turun-naik, Anda sah-sah saja berprinsip seperti itu. Sebagai investor individu, Anda berhak memutuskan apa saja demi uang dan portofolio Anda. Harga saham mungkin saja naik kembali seperti harapan Anda. Namun, siapa yang mampu memastikan hal tersebut akan terjadi segera? Bagaimana jika terjadinya 5 tahun lagi? Jika memang fundamental perusahaan dan prospek industrinya sungguh-sungguh buruk, sebaiknya Anda bersikap realistis dan berani mengambil keputusan cut loss. Mengaku salah dan bersedia menerima kerugian adalah sangat lumrah dalam investasi saham. Harga saham dalam satu tahun bisa anjlok hingga -88% pada tahun tahun-tahun tertentu. Continue Reading...
.

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya saya juga nemuin nih beberapa mitos yang bikin kita jadi enggan untuk investasi. Temen-temen bisa cek di sini ya: Mitos yang bikin enggan investasi

    BalasHapus