Rabu, 27 Agustus 2014

Mengenal Teori Kecoak (Cokcroach Theory)

Dalam kondisi pasar modal yang tidak stabil seperti saat ini, para investor harus ekstra hati-hati. Anda harus mencermati setiap berita-berita baru yang bisa mempengaruhi pergerakan pasar modal. Jika tiba-tiba muncul berita buruk tentang satu perusahaan atau satu sektor, investor mesti waspada. Sebab, seringkali, berita buruk itu akan dikuti oleh berita-berita buruk dari perusahaan atau sektor-sektor lain.

Dalam ranah pasar modal, ada teori terkenal yang disebut teori kecoak (cokcroach theory). Menurut teori ini, ketika satu perusahaan mengumumkan kabar buruk ke publik, biasanya akan ada kabar-kabar buruk lainnya mengikutinya. Kabar-kabar negatif itu bisa berasal dari perusahaan-perusahaan publik di sektor yang sama atau sektor yang berlainan.

Mengapa kecoak? Pertama, kecoak adalah serangga yang menyebalkan, sama dengan berita-berita buruk itu. Kedua, umumnya, kecoak tidak pernah sendirian. Ia pergi secara berkelompok. Jika kita melihat ada satu kecoak, biasanya tak lama kemudian kita juga akan melihat kecoak-kecoak lain yang sebelumnya masih bersembunyi Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar