Senin, 23 Februari 2015

Anda Sudah Berusia 20 Tahun? Saatnya Menabung Sebanyaknya

Perencanaan Keuangan - Apakah saat ini Anda berusia ‘kepala 2’? Jika ya, selamat! Ini adalah momen yang tepat bagi Anda untuk menabung, atau mempersiapkan masa depan finansial Anda. Di usia ini, kemungkinan besarnya Anda masih belum berkeluarga, atau kalaupun sudah, anak Anda masih berusia di bawah 5 tahun, sehingga keperluan untuk biaya sekolahnya masih belum terlalu membebani Anda.

Karena itu, saat ini Anda harus mulai memikirkan tentang perencanaan finansial Anda karena kemungkinan besarnya Anda masih bisa mengalokasikan penghasilan Anda untuk menabung lebih banyak dibandingkan jika Anda sudah berkeluarga atau mempunyai tanggungan. Langkah-langkah berikut ini bisa membantu Anda menyisihkan lebih banyak untuk menabung:

Ketahui berapa banyak kebutuhan Anda setiap bulan

 Sebelum Anda bisa mulai menabung, Anda harus mengetahui dengan pasti berapa banyak uang yang Anda butuhkan setiap bulannya. Untuk mengetahui hal ini, Anda perlu mengetahui dengan pasti berapa pengeluaran Anda, dengan cara menuliskan dengan rinci apa-apa saja pengeluaran Anda, termasuk membeli rokok, membayar parkir, dan membeli minuman ringan. Setelah itu, Anda bisa mengevaluasi dan melihat pengeluaran apa saja yang termasuk kebutuhan (you cannot live without) dan apa saja yang termasuk kesenangan atau keinginan Anda saja.

Dengan mengetahui dengan pasti berapa banyak yang Anda butuhkan setiap bulan, Anda bisa dengan bijak dan pasti menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk ditabung Continue Reading...

1 komentar:

  1. Menabung sejak dini sangat penting dalam mengelola keuangan di masa yang akan datang. pojokinvestasi.com

    BalasHapus