Selasa, 10 Februari 2015

Yuk, Evaluasi Investasi Anda!

Edukasi - Tahun 2015 baru berjalan satu bulan. Meneruskan tradisi tahunan, selain menyusun resolusi tahun baru, satu agenda yang juga perlu dilakuan adalah mengevaluasi target-target yang telah dicanangkan di waktu lalu.

Salah satu yang terpenting adalah menggelar evaluasi tujuan keuangan yang telah kita canangkan. Maklum, tujuan keuangan menyangkut nasib masa depan keuangan keluarga. Idealnya, evaluasi dilakukan sebelum tahun berganti. Namun, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan? Bila saat ini Anda belum melakukan, mumpung hawa tahun baru masih hangat, saatnya kini menyisihkan waktu menengok perkembangan hasil investasi. “Evaluasi penting kita lakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana langkah kita dalam mewujudkan sebuah rencana,” ujar Sari Insaniwati, perencana keuangan MRE Financial & Business Advisory.

Dengan langkah evaluasi, kita bisa melihat apakah ada strategi yang perlu diperbaiki bahkan mungkin diubah. Taufik Gumulya, perencana keuangan TGRM Financial Services, berujar, investor wajib memonitor kinerja produk investasi yang dia miliki secara berkala. Untuk target dana di bawah setahun, monitoring wajib dilakukan setiap bulan. Sedang untuk target dana kurang dari 3 tahun, minimal harus dimonitor setiap 6 bulan.

Adapun, target dana di atas 3 tahun, setidaknya evaluasi kinerja dilakukan tahun sekali. “Itu bila kondisi ekonomi stabil, tidak ada perubahan fundamental,” kata dia. Bila kondisi tidak stabil, frekuensi monitoring perlu ditingkatkan agar bisa lebih sigap memutuskan strategi terbaik Continue Reading...

1 komentar:

  1. Salah satu yang terpenting adalah menggelar evaluasi tujuan keuangan yang telah kita canangkan. pojokinvestasi.com

    BalasHapus