Rabu, 11 Februari 2015

Cara Mengatur Keuangan Agar Penghasilan Tak Hanya Numpang Lewat

Perencanaan Keuangan - Belum juga akhir bulan saldo di rekening bank sudah ludes. Ingatkah Anda ke mana larinya uang? Wah gawat, penghasilan rasanya seperti hanya 'numpang lewat' saja. Barulah disadari bahwa pengeluaran lebih besar dari gaji yang diperoleh selama ini. Bagaimana caranya agar semuanya bisa dikendalikan? Tidak ada cara lain kecuali harus segera mengubah cara mengatur keuangan guna menghindari penghasilan yang hanya numpang lewat.

Anda harus mendisiplinkan diri untuk merekam jejak arus uang yang keluar sehari-hari, agar bisa mengerem bocornya keuangan Anda. Mencatat pengeluaran Anda selama 30 hari memang tidak mudah tapi ini menjadi tantangan bagi Anda. Bila berhasil melakukannya akan memberi dampak positif. Keuangan Anda akan membaik dan sekaligus tidak ada lagi rasa bersalah atas pengeluaran yang tidak terkontrol.

1. Rajin mencatat pengeluaran
Sebenarnya mengelola keuangan itu dimulai dari rajin mencatat pengeluaran rutin selama sebulan. Dengan cara ini Anda akan memiliki potret pengeluaran lengkap sehingga bisa membuat anggaran yang disesuaikan dengan penghasilan Anda. Setelah Anda mendapat gaji perlu sisihkan terlebih dahulu untuk pengeluaran rutin karena itu adalah kewajiban yang harus dibayar setiap bulan. Kemudian Anda dapat merencanakan menabung atau membayar hutang. Kedua hal itu Anda bisa rancang sesuai dengan kemampuan penghasilan setelah dikurangi pengeluaran rutin. Ketekunan Anda mencatat pengeluaran harian akan mencegah gaya hidup yang terlalu berlebihan. Mulai sekarang lebih tekadkan diri Anda untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan alihkan menjadi tabungan Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar