Selasa, 07 April 2015

Apa Saja Manfaat Pengembalian Premi Asuransi?

Asuransi - Pasar yang masih terbuka lebar memicu perusahaan asuransi di Indonesia untuk terus menempuh inovasi produk. Tentu, tujuan mereka adalah agar semakin banyak masyarakat yang tertarik membeli produk asuransi jiwa, terutama asuransi kesehatan.

Pemberlakuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sedikit banyak memengaruhi minat orang membeli asuransi komersial. Alhasil, inovasi produk asuransi komersial melalui fitur-fitur atau marketing gimmick terus digeber oleh para produsen.

Salah satu fitur yang belakangan kian gencar ditawarkan adalah fitur pengembalian premi dengan syarat tertentu. Misalnya, setelah kontrak asuransi berjalan dalam rentang waktu tertentu dan tidak terjadi klaim, nasabah akan mendapatkan pengembalian premi. Fitur itu kerap dinamakan no claim bonus atau return on premium.


Fitur ini banyak ditawarkan baik oleh produk asuransi jiwa maupun kesehatan.

Fitur ini boleh jadi bisa memikat banyak orang Indonesia yang cenderung belum akrab dengan cara kerja produk asuransi. Masih banyak kalangan masyarakat yang menilai membeli asuransi adalah tindakan mubazir karena premi biasanya tetap hangus kendati tidak ada klaim selama kontrak.
Lantas, adakah dengan demikian produk asuransi berfitur seperti itu bisa dibilang produk asuransi yang menarik dilirik? Sebelum buru-buru menubruknya, ada baiknya Anda tetap menyimak saran dari para perencana keuangan.

Sesuai kebutuhan

Membeli asuransi sejatinya adalah mengalihkan risiko yang kita miliki ke perusahaan asuransi melalui pembayaran premi untuk mendapatkan pertanggungan tertentu. Dalam kolom arus kas, premi asuransi dimasukkan di kolom biaya. Karena terkait dengan biaya itulah, pembelian asuransi apa pun harus melalui pertimbangan yang cermat.

Para perencana keuangan mengingatkan, prinsip utama menilai layak atau tidak sebuah produk asuransi untuk Anda beli adalah pastikan produk itu sesuai kebutuhan Anda. “Selain itu, perlu juga menimbang kesesuaian harga produk asuransi atau premi dengan kondisi keuangan kita,” kata Freddy Pieloor, perencana keuangan Moneynlove Financial Planning dan pialang asuransi Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar