Senin, 13 April 2015

Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Terhindar Dari Boros

Perencanaan Keuangan - Ini bulan ketiga kamu punya kartu kredit, dan selama tiga bulan kamu merasa telah belanja berlebihan dari biasanya. Kamu yang biasanya perhitungan sebelum belanja, sejak punya kartu kredit, menjadi lebih longgar ketika ada promo baru. Kamu yang biasanya membuat rencana barang yang dibeli, sejak punya kartu kredit, tidak lagi membuat rencana belanja. Walhasil, setiap tagihan tiba kamu hanya bisa kaget melihat jumlahnya.

Apa yang salah?

Pada umumnya kebanyakan orang langsung menyalahkan kartu kredit sebagai alasan mereka menjadi semakin boros. Ada benarnya, namun tidak seluruhnya benar. Kartu kredit bagaikan pedang bermata dua, ia menjadi penolong bagi yang tahu cara menggunakannya secara bijak dan sebaliknya bagi yang tidak menggunakannya secara bijak.

Berdasarkan hasil penelitian yang melihat hubungan antara penggunaan kartu kredit, dan perubahan kebiasaan belanja, kartu kredit memang dapat membuat kamu cenderung untuk berbelanja berlebihan. Penggunaan kartu kredit menunda pain from paying kita saat bertransaksi. Pain from paying ini disebabkan oleh berkurangnya uang yang kamu miliki saat itu juga, baik di dompet maupun di rekening tabungan setelah bertransaksi.

Ketika menggunakan uang kas atau kartu debet, kita akan merasakan pain of paying pada saat transaksi saat itu juga. Hal yang sama tidak dirasakan langsung saat menggunakan kartu kredit. Kamu baru membayar diakhir bulan, ditambah lagi kamu tidak harus membayar secara penuh pada bulan tersebut sehingga kecenderungan untuk belanja berlebihan menjadi semakin besar.

Karena alasan itulah, kebanyakan orang melebih-lebihkan kemampuan mereka dalam membayar tagihan kartu kredit. Apalagi bagi mereka yang tidak mencatat tagihan kartu kredit-nya, seringkali pusing diakhir bulan karena tagihan kartu kreditnya membengkak Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar