Senin, 06 April 2015

Tips Tetap Bertahan Pada Saat Tanggal Tua

Perencanaan Keuangan - Tanggal tua biasa diartikan sebagai hari-hari ketika stok uang dari pendapatan bulan lalu sudah menipis, sementara kita masih harus bertahan hidup hingga hari gajian.

Kalau Anda jenis orang yang jor-joran berbelanja saat awal bulan maka saat tanggal tua, Anda terpaksa gigit jari. Alasannya, karena uang sudah habis, sementara gaji yang ditunggu belum juga masuk ke dalam rekening.

Dan bulan depan, kejadian ini terjadi lagi.

Berikut ini beberapa strategi untuk keluar dari siklus penderitaan setiap tanggal tua dan membuat Anda tetap happy alias bahagia:

Berbelanja kebutuhan bulanan di awal gajian

Terutama bagi Anda yang sudah berumahtangga, penuhilah segera kebutuhan di awal bulan. Ini wajib.

Buatlah daftar belanja yang mencakup segalanya. Mulai dari beras, gula hingga barang kebutuhan cuci mencuci, seperti detergen dan pembersih lantai. Jangan lupa juga untuk membeli pulsa ponsel dan pulsa listrik (jika Anda pelanggan PLN prabayar).

Membayar semua tagihan tanpa menunda

Yang senang atas kedatangan hari gajian bukan cuma Anda, tapi juga orang-orang yang Anda utangi. Segerakan membayar tagihan telepon, kartu kredit, tagihan asuransi dan kredit rumah atau kendaraan.
Selain tagihan rutin, Anda juga harus secepatnya membayar uang sekolah anak, uang arisan, iuran RT, sampah, keamanan. Sisihkan juga untuk tabungan, keperluan tidak terduga dan investasi.
Menunda-nunda pembayaran akan membuat Anda terlanjur mengeluarkan uang untuk hal lain dan akibatnya tagihan tak terbayarkan Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar