Kamis, 23 April 2015

Tips Mengajarkan Pada Anak Tentang Keuangan

Perencanaan Keuangan - Uang memberi seseorang sebuah kesempatan untuk mengambil keputusan, baik mereka sudah tua ataupun masih muda.

Dengan mengajari, memotivasi dan memberdayakan anak menjadi seorang penabung yang rajin, akan membuat setiap uang yang mereka dapatkan dan mereka belanjakan menjadi lebih berarti.
Kebiasaan harian anak Anda dalam membelanjakan uangnya akan mempengaruhi kebiasaan mereka berinvestasi atau membelanjakan uangnya ketika dewasa. Nah, berikut adalah cara mudah mengajari mereka untuk perencanaan keuangan sederhana menurut Ibnu Hajar Ulinnuha Seorang perencana keuangan independen yang dikutip dari cekaja.com.

1. Kenalkan uang begitu bisa menghitung

Beri mereka informasi tentang bentuk, berapa nilainya, dan apa saja yang bisa didapat dari uang tersebut.


2. Komunikasikan tentang fungsi & nilai uang yang sebenarnya

Ajarkan bagaimana menyimpannya, bagaimana membuatnya berkembang, dan yang paling penting, ajarkan bagaimana cara membelanjakannya dengan bijak.

3. Ajarkan untuk memiliki tujuan finansial

Tujuan finansial adalah pelajaran dasar dalam keuangan & menabung. Baik tua maupun muda, seseorang jarang bisa mencapai sesuatu yang belum mereka tentukan sebelumnya. Bantu mereka untuk bedakan antara kebutuhan, keinginan, dan harapan. Hal ini akan menjadi pertimbangan mereka dalam membelanjakan uangnya dikemudian hari.

Hampir setiap mainan, ataupun hal – hal lain yang diminta oleh anak Anda bisa dijadikan momen Goal Setting (tujuan finansial). Ajak mereka menabung untuk segala sesuatu yang mereka inginkan. Hal ini akan membuat mereka lebih bertanggung jawab bagi diri mereka sendiri.

4. Kenalkan perbedaan menabung & membelanjakan

Jelaskan perbedaan antara menabung di celengan dengan di bank. Ajarkan mereka dengan bahasa sederhana bagaimana uang dapat berkembang dengan cepat melalui bunga. Pada kemudian hari, mereka akan menyadari bahwa cara paling cepat untuk mendapatkan kredit yang bagus adalah melalui komitmen menabung yang konsisten setiap bulan Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar