Start-Up Bisnis
- Anda masih ingat dengan sebuah iklan yang menggambarkan betapa
petingnya kesan pertama kan? Benar, bagaimanapun juga, ketika Anda
pertama kali bertemu dengan orang yang tidak dikenal maka kesan pertama
sangat menentukan. Jika kesan pertama yang ditangkap orang lain sedikit
negatif maka bukan tidak mungkin efek selanjutnya kepada Anda pun juga
tidak baik. Sebaliknya, jika Anda memberikan kesan positif kepada mereka
yang baru pertama kali bertemu maka respon yang akan diterima pun
sangat positif.
Dalam dunia bisnis, mendapat kesan pertama yang
baik dari seorang pelanggan juga bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya
kesan pertama dari segi pelayanan saja tetapi juga kesan pertama agar
pelanggan dengan produk yang ditawarkan. Jika mampu membuat sebuah kesan
pertama yang baik maka selanjutnya akan menjadi lebih mudah dalam
menawarkan suatu produk kepada pelanggan. Hal ini tentu akan memberikan
keuntungan tersendiri bagi Anda. Pasalnya, proses transaksi yang terjadi
dengan pelanggan menjadi lebih mudah sehingga bisa mendapat keuntungan
yang lebih besar.
Gunakan setelan pakaian yang rapi dan wangi
Setiap
manusia tentunya sangat senang sekali dengan hal-hal yang berbau
keindahan, kerapian dan juga suasana yang nyaman tentunya. Oleh karena
itu, tanpa harus disuruh pun seharusnya Anda juga berpenampilan yang
rapi setiap hari. Jangan pernah sekalipun bertemu dengan pelanggan
dengan pakaian yang apa adanya. Pasalnya, hal tersebut akan membentuk
persepsi pelanggan bahwa Anda sendiri pun tidak serius dalam membangun
bisnis. Dampaknya adalah pelanggan akan berasumsi bahwa produk-produk
milik Anda juga tak jauh berbeda dengan penampilan Anda yang apa adanya.
Bahkan, dalam sebuah film yang menceritakan kisah sukses pebisnis
seperti Mark Zuckerberg ataupun Bill Gates juga tampil rapi saat
menghadapi pelanggannya. Anda tak perlu menggunakan pakaian dengan label
mewah, cukup bisa tampil rapi. Karena pakaian yang rapi sudah bisa
mewakili Anda memang serius dalam menjalankan bisnis.
Jangan lupa untuk tersenyum dan menjaga kontak mata
Jika
Anda ingin menimbulkan kesan pertama yang positif maka hal yang perlu
diingat adalah untuk selalu memberikan senyuman terbaik. Setiap pertama
kali bertemu dengan pelanggan upayakan untuk selalu tersenyum dan
sapalah dengan ramah. Dengan melakukan kedua hal tersebut maka pelanggan
akan merasa nyaman ketika berbincang dengan Anda. Tidak mudah memang
untuk selalu tersenyum setiap saat. Namun, Anda bisa melatih diri Anda
sendiri dengan cara tersenyum di depan cermin. Dengan begitu Anda akan
tahu apa efek yang akan ditimbulkan saat Anda sedang tersenyum. Selain
tersenyum, Anda juga sebaiknya menjaga kontak mata dengan pelanggan. Hal
itu menunjukkan bahwa Anda memiliki perhatian khusus terhadap
pelanggan. Jika sudah mampu memberikan kesan positif maka pelanggan pun
akan tertarik membeli produk Anda Continue Reading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar