Selasa, 07 April 2015

Tips Meninggalkan Kesan Pertama yang Baik Terhadap Calon Pelanggan

Start-Up Bisnis - Anda masih ingat dengan sebuah iklan yang menggambarkan betapa petingnya kesan pertama kan? Benar, bagaimanapun juga, ketika Anda pertama kali bertemu dengan orang yang tidak dikenal maka kesan pertama sangat menentukan. Jika kesan pertama yang ditangkap orang lain sedikit negatif maka bukan tidak mungkin efek selanjutnya kepada Anda pun juga tidak baik. Sebaliknya, jika Anda memberikan kesan positif kepada mereka yang baru pertama kali bertemu maka respon yang akan diterima pun sangat positif.

Dalam dunia bisnis, mendapat kesan pertama yang baik dari seorang pelanggan juga bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya kesan pertama dari segi pelayanan saja tetapi juga kesan pertama agar pelanggan dengan produk yang ditawarkan. Jika mampu membuat sebuah kesan pertama yang baik maka selanjutnya akan menjadi lebih mudah dalam menawarkan suatu produk kepada pelanggan. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Pasalnya, proses transaksi yang terjadi dengan pelanggan menjadi lebih mudah sehingga bisa mendapat keuntungan yang lebih besar.


Gunakan setelan pakaian yang rapi dan wangi

Setiap manusia tentunya sangat senang sekali dengan hal-hal yang berbau keindahan, kerapian dan juga suasana yang nyaman tentunya. Oleh karena itu, tanpa harus disuruh pun seharusnya Anda juga berpenampilan yang rapi setiap hari. Jangan pernah sekalipun bertemu dengan pelanggan dengan pakaian yang apa adanya. Pasalnya, hal tersebut akan membentuk persepsi pelanggan bahwa Anda sendiri pun tidak serius dalam membangun bisnis. Dampaknya adalah pelanggan akan berasumsi bahwa produk-produk milik Anda juga tak jauh berbeda dengan penampilan Anda yang apa adanya. Bahkan, dalam sebuah film yang menceritakan kisah sukses pebisnis seperti Mark Zuckerberg ataupun Bill Gates juga tampil rapi saat menghadapi pelanggannya. Anda tak perlu menggunakan pakaian dengan label mewah, cukup bisa tampil rapi. Karena pakaian yang rapi sudah bisa mewakili Anda memang serius dalam menjalankan bisnis.

Jangan lupa untuk tersenyum dan menjaga kontak mata

Jika Anda ingin menimbulkan kesan pertama yang positif maka hal yang perlu diingat adalah untuk selalu memberikan senyuman terbaik. Setiap pertama kali bertemu dengan pelanggan upayakan untuk selalu tersenyum dan sapalah dengan ramah. Dengan melakukan kedua hal tersebut maka pelanggan akan merasa nyaman ketika berbincang dengan Anda. Tidak mudah memang untuk selalu tersenyum setiap saat. Namun, Anda bisa melatih diri Anda sendiri dengan cara tersenyum di depan cermin. Dengan begitu Anda akan tahu apa efek yang akan ditimbulkan saat Anda sedang tersenyum. Selain tersenyum, Anda juga sebaiknya menjaga kontak mata dengan pelanggan. Hal itu menunjukkan bahwa Anda memiliki perhatian khusus terhadap pelanggan. Jika sudah mampu memberikan kesan positif maka pelanggan pun akan tertarik membeli produk Anda Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar