Rabu, 14 Januari 2015

Beberapa Kesalahan Dalam Mengelola Uang

Perencanaan Keuangan - Punya uang, bisa memicu stres. Tidak punya uang, apalagi, bisa tambah stress. Seperti itulh kira-kira pesan yang disampaikan Jeff Reeves dalam tulisannya “10 stupidest money mistakes” yang dimuat dalam laman USA Today.

Intinya, tulis Reeves, alih-alih memberikan kebahagiaan, uang (berapapun jumlahnya) bisa menambah daftar persoalan hidup. Padahal, menurut Reeves, rencana keuangan yang baik, tidak hanya menempatkan fokus pada seberapa banyak uang yang bisa Anda simpan untuk masa depan. Tetapi juga bagaimana Anda bisa mengikis kekhawatiran yang ditimbulkan karena uang.

Nah, untuk mengontrol keuangan sekaligus mengurangi level stres Anda, Reeves menyarankan agar Anda menghindari kebodohan-kebodohan berikut ini yang akan menyusahkan Anda kelak.

1. Lebih besar pasak daripada tiang. Alias, pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Yang mengalami kasus ini, pasti tidak pandai matematika.

Tidak perlu dijelaskan panjang lebar, pasti Anda sudah tahu kan, kenapa hal itu disebut kebodohan, dan kenapa pelakunya menjadi stres berat? Yup, sudah pasti mereka stres karena terlilit hutang. Untuk menghindarinya buat rincian pengeluaran Anda, dan patuhi rencana tersebut agar pengeluaran tidak overlap.

2. Tidak memiliki tabungan. Tabungan tidak harus berupa uang, ya. Tetapi bisa berupa properti, emas, reksadana, atau apapun. Simpanan, atau tabungan, sangat penting ada, sebagai dana cadangan untuk menghadapi kemungkinan terburuk Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar