Jumat, 30 Januari 2015

Tips Mengatur Keuangan Pasangan Beda Negara

Perencanaan Keuangan - Tidak ada yang bisa menebak siapa dan dari mana pasangan yang akan menjadi pendamping kita. Namun, berasal dari mana pun pasangan seseorang, perencanaan keuangan tetap harus diterapkan dalam membangun biduk rumah tangga. Hanya saja, ada usaha lebih yang harus dilakukan bagi pasangan tertentu, misalnya pasangan yang berasal dari dua negara yang berbeda.

Perencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto berpendapat, dari sisi budaya, pasangan yang berbeda kewarganegaraan tentu mempunyai pandangan yang berlainan. Padahal, budaya tersebutlah yang ikut menentukan karakter dan sikap seseorang dalam bertindak termasuk dalam mengatur keuangannya.


Eko bilang, ada negara atau ras tertentu yang menempatkan pria sebagai pihak yang dominan mencari penghasilan dan mengatur penghasilan sedangkan perempuan diposisikan sebagai pihak yang hanya menerima sehingga tidak leluasa untuk ikut mengatur keuangan keluarga. Sementara, ada juga negara yang sudah sangat demokratis mengenai pengaturan dan pengelolaan keuangan keluarga bagi laki-laki dan perempuan.

Jadi, sebelum menikah sebaiknya banyak berkomunikasi tentang budaya dari masing-masing agar bisa saling memahami, kata Eko.

Perencana keuangan dari MoneynLove Financial Planning & Consulting Freddy Pieloor mengatakan, karena perbedaan jarak, pernikahan berbeda kewarganegaraan mempunyai risiko dari sisi kejelasan asal-usul pasangan. Hal itu bisa merugikan pasangannya jika ternyata orang yang dinikahi tersebut ternyata mempunyai catatan finansial yang buruk.

Oleh karenanya, Freddy menyarankan agar orang yang akan menikah dengan orang yang berbeda kewarganegaraan harus lebih jeli menggali informasi dari calon pasangan hidupnya tersebut. Misalnya, mencari tahu dari kantor tempatnya bekerja. Tak sedikit, lo, kasus di mana ternyata pasangannya yang orang asing itu cuma menumpang hidup, kata Freddy Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar