Selasa, 20 Januari 2015

Tips Bagi Orang Tua Membantu Keuangan Anak yang Telah Dewasa

Perencanaan Keuangan - Membantu orang lain mencapai kemandirian keuangan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi seseorang, terutama apabila Anda menolong anak Anda sendiri dalam mencapai gol-gol mereka yang membutuhkan bantuan keuangan. Gol-gol ini bisa saja mencakup bantuan keuangan untuk uang kuliah, biaya pernikahan, membeli kendaraan atau membayar uang muka rumah, yang kesemuanya merupakan gol-gol yang penting dan baik bagi masa depan anak Anda.

Ketika anak Anda yang sudah dewasa meminta bantuan keuangan, mungkin akan sulit bagi Anda untuk menolaknya, tetapi Anda tetap harus menilai setiap kasus berdasarkan situasi dan kepribadian anak Anda masing-masing. Apabila anak Anda yang biasanya bertanggung jawab dan tidak pernah meminta bantuan keuangan dari Anda membutuhkan bantuan Anda, misalnya karena keadaan darurat, seperti biaya pengobatan rumah sakit untuk istri atau anaknya, Anda dapat mempertimbangkan untuk memberi bantuan keuangan setelah berembuk dengan pasangan Anda.


Apabila anak Anda membutuhkan tambahan uang muka untuk membeli rumah atau mobil, Anda harus menetapkan dengan jelas apa bantuan yang akan Anda berikan, apakah itu berupa pinjaman atau bantuan cuma-cuma. Jika Anda memberikan pinjaman kepada anak Anda, tetapkan dengan jelas aturan dan ketentuan pembayaran kembali utangnya kepada Anda. Jika Anda memberikan bantuan secara cuma-cuma, Anda juga perlu menjelaskan apa yang Anda harapkan dari anak Anda. Misalnya, jika Anda membantu pembayaran uang muka motor anak Anda untuk dia pakai bekerja dan berkuliah, Anda berhak meminta anak Anda untuk merawat motornya dengan baik, tidak meminjamkan motor itu kepada sembarang teman, dan untuk selalu taat pada aturan berlalu lintas Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar