Rabu, 11 Maret 2015

Bila Terpaksa Berhutang, Berikut Tips Memilih Utang Agar Tak Terjebak

Perencanaan Keuangan - Kebanyakan orang pasti pernah berutang meskipun sebagian besar belum tentu memikirkan dengan masak-masak sebelum mengikatkan diri dalam transaksi utang-piutang. Sebaiknya Anda kenali utang-utang tersebut agar keadaan keuangan Anda dapat lebih baik. Situasi perekonomian di tahun mendatang ini yang masih belum menentu menjadi peringatan bagi Anda untuk berpikir lebih jeli apa yang dibutuhkan untuk mempertahankan gaya hidup. Dengan begitu Anda harus menjadi lebih hati-hati apakah Anda telah mampu dalam keuangan untuk menghadapi setiap perubahan iklim ekonomi yang terjadi.

Mungkin Anda sudah menyiapkan dana dari jauh hari untuk beberapa kebutuhan seperti liburan bersama keluarga, perbaikan rumah, atau membeli mobil. Namun ada baiknya Anda bersikap bijaksana dalam mengatur keuangan mengingat nilai mata uang Anda yang sedang merosot dan tingkat inflasi yang menyebabkan biaya kebutuhan hidup menjadi naik.


Anda harus mengevaluasi secara hati-hati apakah benar-benar perlu mengambil pinjaman di saat kondisi perekonomian sedang tidak menentu hanya untuk mewujudkan beberapa rencana yang tidak terlalu penting. Bila Anda tidak bijaksana dalam mengambil keputusan soal berutang bisa-bisa kondisi keuangan Anda menjadi bermasalah. Oleh karena itu, Anda perlu untuk bisa membedakan antara utang "bermanfaat" dan utang "bencana".

Utang bermanfaat

Utang "bermanfaat" adalah di mana Anda menggunakannya untuk pembelian barang yang penting karena tidak memiliki cukup simpanan uang. Sehingga utang tersebut dapat memberikan nilai tambah. Bilamana Anda gunakan utang tersebut untuk hal-hal yang positif dapat menjadi penolong untuk membangun kondisi ekonomi keluarga Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar