Kamis, 05 Maret 2015

Jangan Boros, Belanja Sewajarnya

Perencanaan Keuangan - Uang hasil jerih payah bekerja pada akhirnya memang digunakan untuk berbelanja. Tapi, jika salah memanfaatkannya, bisa-bisa kita pusing tujuh keliling.Kita memang harus benar-benar teliti menggunakan uang, baik untuk membeli barang atau membayar jasa. "Setiap orang harus bisa mengukur kebutuhannya sendiri," kata Risza Bambang, perencana keuangan dari Shildt Financial Planning.

Menurut Bambang, mengukur kebutuhan belanja mutlak dilakukan agar kita tidak terjebak pada sebuah keinginan dan nafsu belanja semata. Jadi, berbelanjalah sesuatu yang memang menjadi kebutuhan kita.

Karena itu, sebelum memanfaatkan uang, kita harus menentukan apa saja kebutuhan kita pada saat itu. Kita juga harus menyusun daftar kebutuhan sesuai skala prioritas.

Setelah menyusun daftar kebutuhan, kita harus menyusun money tracking alias catatan arus keluar masuk keuangan. Cara ini bertujuan untuk mengukur kemampuan keuangan kita sebelum menghabiskannya. "Kalau kita tidak disiplin menyusun money tracking, keuangan kita berisiko menjadi lebih besar pasak daripada tiang," cetus Bambang Continue Reading...

1 komentar:

  1. Informasi yang berguna yang bertujuan untuk mengukur kemampuan keuangan kita sebelum menghabiskannya. pojokinvestasi.com

    BalasHapus