Jumat, 27 Maret 2015

Tips Agar Bisnis Tetap Menguntungkan dan Tak Kehilangan Pelanggan

Start-Up Bisnis - Sebuah kata bijak menyebutkan bahwa mempertahankan jauh lebih sulit daripada saat meraihnya. Begitu pula dalam dunia bisnis, mempertahankan konsumen agar tetap membeli produk Anda pastinya jauh lebih sulit. Pasalnya, tidak sedikit kompetitor Anda yang selalu memberikan penawaran terbaru baik terkait dengan produk maupun diskon yang diberikan dalam setiap pembelian. Oleh karena itu, Anda harus memiliki strategi yang ampuh agar pelanggan tetap memilih Anda dalam membeli produk.

Memberikan layanan pendukung lebih baik

Seharusnya sudah terbayang di benak Anda jika lini usaha yang dijalankan adalah sebuah bidang jasa. Pada dasarnya, Anda tentu harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Pasalnya, sudah terlanjur berkembang citra di masyarakat bahwa pembeli adalah seorang raja. Para konsumen pun menginginkan supaya mereka selalu mendapat pelayanan yang terbaik bak seorang raja. Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu meningkatkan sistem pelayanan yang terbaik dan jauh melebihi yang dimiliki oleh pesaing Anda.

Jangan abaikan survey pelanggan

Salah satu cara ampuh untuk mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan atau mengidentifikasi sistem penjualan Anda selama ini adalah dengan melakukan survey. Anda bisa memberikan sejumlah pertanyaan secara random kepada konsumen terkait pelayanan yang sudah diberikan baik melalui kotak saran ataupun melalui email pelanggan yang sudah terdata selama ini. Jangan takut jika Anda memang akan dicela oleh pelanggan. Pasalnya, pelanggan yang sedang marah kepada pelayanan Anda biasanya akan memberikan input yang baik untuk memperbaiki segala kekurangan selama ini. Dengan begitu, Anda bisa meluncurkan sistem pelayanan terbaru ataupun produk yang lebih baik untuk pelanggan agar selalu memberli produk Anda Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar