Start-Up Bisnis
- Sebuah kata bijak menyebutkan bahwa mempertahankan jauh lebih sulit
daripada saat meraihnya. Begitu pula dalam dunia bisnis, mempertahankan
konsumen agar tetap membeli produk Anda pastinya jauh lebih sulit.
Pasalnya, tidak sedikit kompetitor Anda yang selalu memberikan penawaran
terbaru baik terkait dengan produk maupun diskon yang diberikan dalam
setiap pembelian. Oleh karena itu, Anda harus memiliki strategi yang
ampuh agar pelanggan tetap memilih Anda dalam membeli produk.
Memberikan layanan pendukung lebih baik
Seharusnya
sudah terbayang di benak Anda jika lini usaha yang dijalankan adalah
sebuah bidang jasa. Pada dasarnya, Anda tentu harus memberikan pelayanan
yang terbaik kepada konsumen. Pasalnya, sudah terlanjur berkembang
citra di masyarakat bahwa pembeli adalah seorang raja. Para konsumen pun
menginginkan supaya mereka selalu mendapat pelayanan yang terbaik bak
seorang raja. Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu meningkatkan sistem
pelayanan yang terbaik dan jauh melebihi yang dimiliki oleh pesaing
Anda.
Jangan abaikan survey pelanggan
Salah
satu cara ampuh untuk mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan atau
mengidentifikasi sistem penjualan Anda selama ini adalah dengan
melakukan survey. Anda bisa memberikan sejumlah pertanyaan secara random
kepada konsumen terkait pelayanan yang sudah diberikan baik melalui
kotak saran ataupun melalui email pelanggan yang sudah terdata selama
ini. Jangan takut jika Anda memang akan dicela oleh pelanggan. Pasalnya,
pelanggan yang sedang marah kepada pelayanan Anda biasanya akan
memberikan input yang baik untuk memperbaiki segala kekurangan selama
ini. Dengan begitu, Anda bisa meluncurkan sistem pelayanan terbaru
ataupun produk yang lebih baik untuk pelanggan agar selalu memberli
produk Anda Continue Reading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar