Senin, 02 Maret 2015

Mengenal Istilah-Istilah Pada Investasi Reksadana

Investasi Reksadana - Setelah Anda berkenalan singkat dengan reksadana, yuk mengenal reksadana dengan lebih baik melalui berbagai kosakata seputar reksadana.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba berinvestasi dengan reksadana, Anda akan menjumpai kata-kata berikut ini. Jadi, lebih baik bingung-bingung sekarang, kan??

Manajer Investasi

Adalah perusahaan yang mengelola dana yang terkumpul melalui reksadana. Manajer investasi ini bertanggung jawab atas semua kegiatan investasi, termasuk analisis dan pemilihan jenis investasi, pengambilan berbagai keputusan atas investasi tersebut, serta memonitor kondisi pasar. Seorang manajer investasi harus mendapatkan ijin dari Bapepam, dan atas jasanya ia akan membebankan biaya pada investor.

Bank Kustodian

Untuk menjamin profesionalitas dan kepercayaan investor, dana yang terkumpul tidak dipegang oleh manager investasi melainkan oleh bank kustodian. Dana ini disimpan pada bank kustodian, atas nama lembaga reksadana, dan diawasi pengelolaannya oleh bank kustodian. Artinya, setiap pengeluaran dana harus disertai dengan pembelian instrumen investasi. Karena itu, bank kustodian juga membebankan biaya custodian fee yang dipotong langsung dari “harga” reksadana, atau Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana tersebut Continue Reading...

1 komentar:

  1. Reksadana termasuk salah satu jenis investasi yang memiliki risiko yang kecil. pojokinvestasi.com

    BalasHapus