Kamis, 12 Maret 2015

Tips Keluarga Hidup Berkecukupan Dengan Hanya Satu Sumber Pendapatan

Perencanaan Keuangan - Mungkin saat ini Anda berada di dalam keluarga yang hanya memiliki satu sumber pendapatan. Entah itu keluarga Anda di-PHK atau menganggur dengan alasan tertentu sehingga memutuskan hanya memiliki satu sumber pendapatan. Seperti kita ketahui banyak sekali keputusan keuangan yang harus dibuat oleh suatu keluarga agar kehidupannya bisa terus berlangsung walau hanya memiliki satu sumber pendapatan. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap hidup berkecukupan dengan satu sumber pendapatan menurut Natalia Sagita dari keluarga.com:

1. Buatlah anggaran
Langkah pertama untuk mengendalikan keuangan keluarga adalah dengan membuat anggaran. Sebuah anggaran akan membantu Anda memahami ke mana perginya uang Anda dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengeluaran Anda dengan menetapkan berapa pengeluaran yang sanggup Anda bayar. Membuat anggaran adalah ide bagus bagi semua orang, tetapi terutama bagi keluarga dengan pendapatan terbatas. Buatlah anggaran tertulis bersama keluarga. Pajang di tempat yang dapat dilihat oleh seluruh anggota keluarga dan ikutilah anggaran tersebut.

2. Jangan besar pasak daripada tiang
Jujurlah pada diri Anda sendiri dan anggota keluarga Anda, terutama dalam hal pengeluaran. Jangan membelanjakan lebih banyak daripada yang Anda terima setiap bulannya. Usahakan untuk tidak menumpuk hutang. Lunasilah tagihan rutin terlebih dahulu, misalnya tagihan listrik, cicilan rumah dan kendaraan, serta uang sekolah anak. Setelah itu jika ada sisa, pertimbangkan untuk menabung. Ajarkan juga anak-anak untuk menabung sisa uang jajan Continue Reading...

1 komentar:

  1. Langkah pertama untuk mengendalikan keuangan keluarga adalah dengan membuat anggaran. pojokinvestasi.com

    BalasHapus