Jumat, 13 Maret 2015

Ingin Membeli Rumah? Simak Beberapa Pertimbangan Berikut!

Perencanaan Keuangan - Berencana membeli rumah baru di tahun ini? Dengan KPR atau tunai? Ada 6 pertimbangan yang perlu diketahui sebelum melakukannya.

Tidak diragukan lagi, membeli atau membangun rumah impian merupakan hal yang sangat menggariahkan. Kegiatan itu seperti menjadi simbol bahwa kita telah mencapai tahap kemandirian.

Sayangnya, walau perasaan telah mengatakan Anda telah siap untuk membeli rumah, apakah keadaan finansial Anda juga mendukung? Sebab, membeli rumah dapat menjadi salah satu keputusan keuangan terbesar dalam hidup Anda. Sebelum Anda melakukannya, perhatikan dahulu 6 hal berikut ini.

1.  Pastikan Telah Memiliki Dana Darurat
Sebelum Anda berkomitmen membeli rumah dalam bentuk KPR maupun tunai, sangat penting sebelumnya untuk memiliki cadangan dana darurat sebesar 6x pengeluaran bulanan Anda. Dana cadangan tersebut haruslah bisa digunakan sewaktu-waktu ketika terjadi hal yang sangat tidak terduga.

Misalnya ketika anggota keluarga tiba-tiba sakit (yang tidak ditanggung asuransi milik Anda. Inilah pentingnya memiliki asuransi kesehatan), atau ketika Anda diberhentikan secara tiba-tiba dari pekerjaan, atau perusahaan tersebut gulung tikar.

Bila Anda belum memiliki dana darurat sebesar itu, maka sebaiknya tunda dulu komitmen membeli rumah hingga dana tersebut terkumpul. Membeli rumah adalah komitmen yang sangat besar, dan akan terdapat pengeluaran tambahan lebih banyak lagi yang diluar perkiraan. Anda tidak ingin semuanya menjadi berantakan karena harus membayar beban dadakan lainnya, bukan? Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar