Karena sebab tertentu, kantor tempat Anda bekerja terpaksa harus
gulung tikar. Sebagai imbalan atas pemutusan hubungan kerja (PHK), Anda
mendapatkan sejumlah uang berupa pesangon. Namun peristiwa yang datang
secara cepat itu terkadang membuat Anda tak siap menerima kenyataan. Pun
Anda tak mengerti bagaimana memanfaatkan dan mengelola duit pesangon
secara produktif.
Menurut perencana keuangan dari Mitra Rencana
Edukasi (MRE), Mike Rini Sutikno, sebelum membuat perencanaan atas uang
pesangon, sebaiknya Anda menginventarisasi hak yang tersimpan di
perusahaan. Seperti jaminan hari tua atau jenis asuransi lainnya.
“Karena selama bekerja gaji Anda dipotong untuk membayar iuran, maka
Anda perlu bertanya kelangsungan dari asuransi tersebut,” kata Mike.
Setelah
itu, tanyakanlah mengenai besaran pesangon yang akan Anda terima. Juga
mekanisme, syarat, dan waktu pengambilan uang pesangon. Kepastian itu
akan berpengaruh terhadap startegi penyusunan keuangan setelah Anda
berhenti bekerja. “Pokoknya setelah mendapatkan informasi akan ada PHK,
segera hubungi bagian kepegawain supaya dapat kejelasan,” kata dia Continue Reading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar