Jumat, 17 Oktober 2014

Sebastian Berburu Startup Dengan Semangat Berbagi

Banyak orang mempunyai impian sejak masa kecil. Dengan bermimpi, mereka mampu mengumpulkan tekad dan semangat untuk mewujudkannya, ketika usia sudah semakin matang.

Menjadi pengusaha merupakan impian masa kecil Sebastian Togelang. Meski bukan berasal dari keluarga pengusaha, pria kelahiran Stuttgart, 36 tahun silam ini mengaku senang berjualan kecil-kecilan sejak masih sekolah.

Jalan untuk menjadi pengusaha mulai terbuka ketika dia duduk di bangku kuliah. Saat meneruskan pendidikannya di Goethe University Frankfurt, Jerman, dia mengikuti kompetisi bisnis di kampusnya. “Dari 400 orang yang mendaftar, saya termasuk dari empat pemenang di kompetisi itu,” kenang Sebastian yang belajar dua bidang ilmu sekaligus, yakni Ekonomi dan Teknologi Informasi (TI).

Dengan dukungan dari kampus dan pemerintah Jerman, Sebastian yang waktu itu masih berusia 22 tahun menjadi salah satu peserta program inkubator untuk wirausahawan di kampusnya. Dari kompetisi itu juga, dia mengenal mentor yang kemudian jadi rekan bisnisnya sekarang, Andy Zain.

Bermula dari kompetisi ini pula, Sebastian merintis perusahaan pertamanya, yakni perusahaan  outsourcing di bidang TI. Jasa yang ditawarkan Sebastian adalah menyewakan tenaga kerja TI dari berbagai negara, seperti Ukraina dan India, untuk proyek di Jerman.

Tak berhenti pada satu perusahaan, Sebastian mendirikan dua perusahaan lagi yang bergerak di bidang pemasaran dan tenaga kerja. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke Tanah Air dan mendirikan usaha baru yang berbeda dari usaha sebelumnya.

Pada 2013, Sebastian mendirikan Mountain South East Asia (MSEA) yang merupakan perusahaan modal ventura. Bersama rekannya, Andy Zain, ia berperan sebagai investor yang mendanai startup atau perusahaan yang baru berdiri. MSEA merupakan joint venture dengan perusahaan global yakni Mountain Partners. Perusahaan yang terletak di Swiss ini sudah mendirikan lebih dari 200 perusahaan atau startup Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar