Selasa, 28 Oktober 2014

Konsep Manajemen Budget 50/30/20

Banyak cara yang bisa kita jadikan acuan dalam melakukan manajemen budget bulanan, salah satunya ada budgeting ala Elizabeth Warren. Dalam bukunya yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, dia mengatakan bahwa sebaiknya anda membagi penghasilan dengan rasio 50:30:20, yaitu 50% untuk kebutuhan dasar, 30% untuk kebutuhan hiburan atau bersenang-senang dan sisanya 20% untuk tabungan ataupun investasi. Berikut penjelasan cara kerja aturan budgeting 50/30/20:
  1. Pendapatan bersih. Anda harus mengalokasi uang berdasarkan pendapatan bersih, yaitu jumlah yang Anda bawa pulang setelah dipotong pajak, dll.
  2. 50% yang wajib. Anda wajib menyisihkan terlebih dahulu dana untuk pengeluaran wajib Anda, seperti membayar kontrakan rumah atau cicilan KPR, tagihan listrik dan air, makanan sehari-hari, uang sekolah anak-anak dan kalau ada, premi asuransi jiwa dan cicilan kartu kredit. Sekitar 50% dari penghasilan Anda sudah harus Anda relakan untuk pembayaran wajib ini. Contoh: Jika gaji Anda Rp 5 juta per bulan, maka Anda harus siap-siap menyisihkan setidaknya Rp 2.5 juta untuk pembayaran wajib Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar