Rabu, 03 Desember 2014

Apa Itu Bisnis Dropship??

Start-Up Bisnis - Dropshipping bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia bisnis online. Ketiadaan modal membuat seorang penjual online berdagang sebuah produk, tanpa memiliki stok barang sama sekali. Dropshipping mirip dengan metode penjualan eceran, di mana si pengecer tidak perlu memiliki produk secara fisik. Pembeli mungkin tidak tahu bahwa si penjual tidak memiliki stok produk. Asalkan barang dikirim sesuai pesanan, pembeli tidak ambil pusing apakah seorang penjual benar-benar memiliki barang tersebut atau tidak. Apa yang sesungguhnya terjadi dalam bisnis dropship? Bagaimana mekanisme atau alur kerja bisnis ini?

Mengutip situs Shopify, ada empat tahapan dropship sebelum akhirnya produk sampai ke tangan pembeli.
  • Dari pembeli ke toko online. Pembeli memilih barang yang dibutuhkan, kemudian melakukan pemesanan di sebuah toko online. Pembeli yang benar-benar serius berbelanja pasti akan segera melakukan pembayaran. Mekanisme pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai cara, tergantung payment system yang diberlakukan oleh toko online tempat pembeli berbelanja. Setelah melunasi pembayaran, baik pembeli maupun pihak toko online akan mendapatkan notifikasi–biasanya berupa email konfirmasi.
  • Dari toko online ke pemasok. Toko online akan menyampaikan pesanan pembeli kepada pemasok. Pada banyak kasus, penyampaian pesanan kepada pemasok dilakukan dengan meneruskan email konfirmasi yang didapat toko online saat pembeli melunasi pembayaran. Pemasok–yang sebelumnya sudah mengadakan perjanjian kerja sama dengan toko online–akan membebankan sejumlah biaya pembelian melalui tagihan kartu kredit milik toko online Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar