Kamis, 04 Desember 2014

Memanfaatkan Hobi Menjadi Modal Utama Membuka Bisnis

Start-Up Bisnis - Hobby is not what I do. It’s who I am. Pepatah anonim yang sering beredar di media sosial Tumblr tersebut menggambarkan betapa hobi “mendarah daging” dalam karakter. Sesulit atau seaneh apapun, hobi adalah sesuatu yang tak dapat dipisahkan dari diri seorang individu. Tak ada orang yang tidak mencintai hobinya. Inilah alasan mengapa banyak orang ‘melampiaskan’ kepenatan berutinitas lewat hobi. Yang menarik, hobi tidak hanya bisa dijadikan sarana penghiburan diri, melainkan juga sebagai modal yang berharga untuk memulai bisnis dan bisa memperoleh pendapatan tambahan.

Steve Jobs terkenal dengan pemikiran “do what you love”. Mereka yang memulai bisnis dari hal yang disukai tentu saja akan lebih enjoy dalam menjalankan usaha. Banyak alasan mengapa orang mulai merintis bisnis pribadi: kejenuhan bekerja kantoran, ketidakmampuan meraih gelar akademik, ingin mendapatkan penghasilan tambahan, dan lain sebagainya. Namun beberapa wirausahawan sukses mengakui, bisnis yang dimulai dari hobi cenderung lebih bertahan lama. Si pemilik bisnis tidak menganggap pekerjaannya sebagai beban, melainkan sebagai sebuah kegiatan yang ia sukai atau cintai.

Lebih tahan banting

Mereka yang memulai bisnis dari hobi cenderung lebih tegar menghadapi kendala bisnis. Ada semangat pantang menyerah setiap kali masalah menghampiri bisnisnya. Ia memiliki motivasi yang kuat untuk menemukan solusi dari setiap problem bisnis. Mental yang tahan banting seperti ini terbentuk karena pemilik usaha memulai kegiatan bisnis dari sesuatu yang ia sukai. Siapapun akan menjadi lebih tegar ketika ia berada di bidang yang sesuai dengan passion-nya Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar