Jumat, 12 Desember 2014

Cara Pintar Memanfaatkan Uang Warisan

Perencanaan Keuangan - Mendapatkan harta tak terduga memang bisa menempatkan Anda dalam pilihan yang sulit. Jika salah langkah, Anda malah akan jadi boros atau bahkan berakhir dalam lilitan utang untuk mempertahankan gaya hidup yang telah disesuaikan dengan pendapatan yang lebih besar.

Warisan adalah salah satu contoh harta yang tak terduga. Namun, mendapatkannya bukan berarti Anda bisa berfoya-foya. Agar harta peninggalan tersebut bertahan lama, tak ada salahnya mengalokasikan dananya untuk investasi.

Hans, 30, baru mendapatkan harta warisan dari orang tuanya 3 tahun lalu. Ia mengaku tidak langsung menghabiskan warisan orang tuanya untuk dibelanjakan hal-hal yang konsumtif. "Saat dapat warisan 2011 lalu saya langsung belikan rumah. Selain untuk investasi, bisa juga untuk tempat tinggal," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, 75% dari total warisan tersebut ia habiskan untuk membeli rumah secara tunai di daerah Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. "Saya memilih investasi rumah karena harganya pasti naik dan suatu saat bisa ditinggali atau dikontrakkan," imbuhnya.

Sementara sisanya, kata Hans, disimpan dalam bentuk tabungan sebagai persediaan uang tunai. "Ini juga untuk jaga-jaga bila saya ingin membuka usaha nantinya. Tapi hingga saat ini belum kepikiran. Yang penting uangnya berputar," ungkapnya. Ia mengaku, hingga saat ini masih mengalokasikan uang warisan untuk investasi karena kebutuhan sehari-harinya masih bisa dipenuhi dari gaji bulanannya Continue Reading...

1 komentar: