Selasa, 02 Desember 2014

Waspada Gaya Hidup Bisa Menjadi Ancaman Keuangan Anda!!

Perencanaan Keuangan - Sejak awal tahun, mungkin Anda sudah mulai menata kehidupan keuangan. Membentuk dana liburan atau dana pendidikan bisa jadi salah satu tujuan finansial keluarga. Rencana keuangan sudah disiapkan, rekening investasi pun sudah dibuat, namun, mengapa setelah beberapa bulan, saldonya tidak ada penambahan?

Jika Anda masih mengalami hal tersebut, ada baiknya Anda menyimak tulisan perencana keuangan dari ZAP Finance Prita H. Ghozie, berikut ini!

Beberapa waktu lalu, saya berbicara di seminar keuangan yang diadakan sebuah sekolah di Jakarta. Saat mengadakan survei kecil-kecilan, banyak peserta mengaku punya gaji sepuluh koma. Bukan mereka bergaji Rp 10 jutaan, tapi setelah tanggal 10 setiap bulan, keuangan keluarganya berstatus koma!

Fenomena gaji bulanan habis di tengah jalan memang sering dirasakan banyak masyarakat, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Jadi, bagaimana mau mengisi rekening investasi atau tabungan, untuk hidup sehari-hari saja mungkin terpaksa berutang atau hemat-hemat dari tanggal 10 hingga gajian tanggal 25. Apa sebetulnya akar permasalahannya?


Gaji sepuluh koma

Berdasarkan pengalaman saya sebagai perencana keuangan, ada 2 masalah klasik yang menyebabkan gaji seringkali habis di tengah jalan. Pertama, tidak bisa membedakan antara simpanan, tabungan, dan investasi. Kebanyakan karyawan menerima gaji di sebuah rekening 'tabungan'. Namun, jika setiap bulan Anda rajin mencetak buku rekening, coba periksa, banyak mana jumlah mutasi debit dibandingkan mutasi kredit?

Rata-rata peserta tertawa sambil menjawab mutasi debit. Padahal, tabungan seharusnya banyak mutasi kredit, dan hanya didebit sesekali untuk mendanai tujuan finansial yang telah ditetapkan. Jadi, yang selama ini Anda anggap tabungan, sebetulnya hanyalah simpanan yang memang harus habis setiap bulan. Tak heran, kan, saldo tabungan habis terus?

Kedua, gaya hidup tinggi. Tak bisa dipungkiri, ini adalah penyakit yang hingga kini belum ada obatnya, terutama untuk Anda yang tinggal di kota besar. Susah sekali tidak mengikuti perkembangan gaya hidup alias lifestyle Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar