Rabu, 17 Desember 2014

Mengapa Anda Harus Memiliki Tujuan Keuangan?

Perencanaan Keuangan - Orang bijak bilang, tanpa tujuan hidup, Anda bagai perahu tanpa arah. Demikian pula dalam perencanaan keuangan. Sebelum menyusun sebuah perencanaan keuangan, setiap orang kudu menentukan tujuan keuangannya dahulu.

Ada beberapa alasan yang membuat seorang individu atau keluarga harus menyusun tujuan keuangan. Yang utama, kebutuhan manusia bersifat tak terbatas, sementara penghasilan kita terbatas. Tujuan keuangan membantu kita mengalokasikan pendapatan agar tujuan-tujuan keuangan yang jadi prioritas utama tetap bisa tercapai meskipun dengan pendapatan yang terbatas.

Jangan salah, orang kaya pun memerlukan tujuan keuangan ini. Faktanya, di zaman sekarang, banyak orang yang punya uang tapi tidak tahu mau diapain.


Sejatinya, menentukan tujuan keuangan bukanlah hal yang pelik Hanya saja, banyak orang tak memahaminya. Kesalahan yang sering terjadi, kita sering mencampuradukkan antara impian dan tujuan keuangan.

Menurut para perencana keuangan, sebuah tujuan keuangan harus spesifik.Tujuan keuangan juga harus menyebut nilai uang tujuan itu dan jangka waktu atau target pencapaiannya. Ambil contoh, seseorang ingin memiliki rumah di kawasan elite. Keinginan ini hanya akan menjadi angan-angan jika orang itu tidak mengubahnya menjadi tujuan yang lebih spesifik. Idealnya, rumusan tujuan keuangan semacam ini adalah: Saya ingin punya rumah di kawasan Pondok Indah yang harganya Rp 5 miliar dalam lima tahun lagi?.

Selain rumah, tujuan keuangan seseorang bisa sangat beragam. Sebut saja menikah dengan acara meriah, mempersiapkan dana kuliah anak di luar negeri, membeli mobil mewah, atau pelesir ke luar negeri Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar