Selasa, 02 Desember 2014

Jangan Khawatir Toko Online Kecil Juga Bisa Sukses

Start-Up Bisnis -  Toko online saya masih kecil; masih belum sukses. Banyak toko-toko online lain yang lebih besar dan lebih sukses daripada toko online saya.” Pola pikir demikian ada di benak sebagian besar—bahkan hampir semua—pengusaha kecil dan menengah. Hanya karena baru didirikan satu atau dua tahun, pemilik toko online merasa bahwa bisnisnya masih kecil dan belum sukses. Mereka merasa bahwa banyak kompetitor-kompetitor lain yang lebih sukses karena toko online-nya lebih besar dari segi jumlah pelanggan, pangsa pasar, jumlah toko offline yang dimiliki, dan lain sebagainya. Benarkah hanya toko online ‘besar’ yang bisa sukses?

Pendiri toko ritel multinasional Walmart Sam Walton membuktikan bahwa sebuah bisnis tidak perlu menjadi besar untuk dapat sukses. Seperti ditulis oleh Ari Satriyo Wibowo dalam bukunya yang berjudul 36 Rahasia Sukses Merek-merek Top, kunci sukses berbisnis tidaklah terletak pada seberapa besar atau kecilnya ruang lingkup bisnis yang dimiliki.

Sam Walton sengaja membuka toko ritel di kota-kota kecil Amerika Serikat. Ia tidak menjadikan penduduk di kota-kota besar sebagai target pasarnya. Alasannya, membuka toko ritel di kota kecil membuat penduduk setempat tidak memiliki pilihan yang banyak untuk berbelanja. Sam memastikan, tidak akan ada toko ritel yang mau membuka cabang di toko kecil. Karena hanya Walmart yang “mau” berdagang di kota kecil, Walmart-lah yang menjadi memonopoli perdangan ritel di sana. Mau tak mau, penduduk pasti berbelanja di Walmart. Tak ada yang menyangka bahwa pola pikir Sam Walton yang memilih berinvestasi di kota kecil ini justru melambungkan nama Walmart di masa sekarang.

Apa relevansi strategi bisnis yang dilakukan Sam Walton dengan pemilik toko online? Sam Walton memiliki pola pikir bahwa untuk menjadi sukses, pengusaha tidak harus berbisnis di kota besar dengan pangsa pasar yang besar pula. Keberhasilan tidak ditentukan oleh besar-kecilnya bisnis, melainkan strategi pemasaran yang dilakukan pemilik bisnis untuk mengelola usahanya Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar