Jumat, 05 Desember 2014

Bagaimana Menambah Pelanggan Tanpa Menambah Biaya Iklan

Start-Up Bisnis - Sebagai pelaku startup, pada awalnya kemungkinan akan bertanya-tanya bagaimana bisa memiliki produk yang diminati banyak konsumen tanpa harus mengeluarkan banyak biaya operasional, misalnya adalah mengeluarkan biaya iklan. Umumnya, agar produk yang dimiliki bisa cepat berkembang dan diketahui oleh masyarakat adalah dengan melakukan kegiatan promosi produk. Namun ketika melihat kondisi finansial perusahaan yang belum stabil dan bisa dikatakan belum menghasilkan pendapatan. Ini tentu akan cukup sulit jika harus mengeluarkan biaya iklan untuk berpromosi. Kecuali ada bantuan dana hibah dari lembaga tertentu, ataupun dana segar dari pihak investor. Pasti melakukan kegiatan promosi seperti ini bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Untuk bisa tetap mendapatkan banyak pelanggan tanpa harus mengeluarkan budget iklan sebenarnya bisa saja dilakukan. Seperti contoh yang sudah berjalan adalah Hootsuite. Rian Holmes selaku CEO Hootsuite sendiri, mengungkapkan bahwa perusahaannya tersebut mampu berjalan dari 0 sampai dengan 5 juta user dicapai dalam waktu 3 tahun tanpa anggaran iklan sama sekali. Sebagai pelaku startup, ini merupakan sebuah penghargaan tersendiri. Karena dibeberapa perusahaan baru lainnya masih sangat gencar melakukan kampanye produknya masing-masing.

Cara sederhana yang paling ampuh untuh menarik konsumen agar mau menggunakan produk yang Anda miliki adalah dengan cara membagikan produk secara cuma-cuma. Konsep freemium ini adalah salah satu cara yang sampai saat ini cukup ampuh untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran. Dalam hal ini tentu pemasaran pada produk yang baru saja dilaunching.

Konsep freemium bukanlah konsep yang baru. Tidak hanya Hootsuite yang melakukan konsep promosi gratis untuk pengguna diawalnya. Namun beberapa perusahaan seperti Skype, Spotify, Dropbox dan Evernote dibangun dengan konsep freemium. Sebagian besar dari perusahaan ini merupakan perusahaan cloud-based, SaaS model, dimana Anda bisa melakukan pengelolaan data pada server tertentu yang bisa diakses jika Anda terhubung dengan jaringan internet Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar