Kamis, 11 Desember 2014

Tips Jitu Memperoleh Modal Bisnis Dari Bank

Start-Up Bisnis - Keinginan untuk memulai usaha atau memperluas skala usaha membutuhkan pembiayaan yang mungkin belum Anda miliki saat ini. Dalam situasi tersebut, kredit usaha kecil dan menengah konvensional atau kredit yang dijamin pemerintah –dikenal sebagai Kredit Usaha Rakyat (KUR)– bisa jadi berguna.

Selain memungkinkan pinjaman modal dalam jumlah kecil, persyaratan yang diminta juga ringan. Meski begitu, tak sedikit pula pengusaha kecil yang gagal mendapatkan kredit lantaran tidak memperhatikan persyaratan yang telah ditentukan oleh bank.

Berikut beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kredit usaha kecil dan menengah:

Pilih program kredit yang tepat

Banyak bank yang menyediakan layanan kredit untuk usaha kecil dan menengah sebagai  bagian dari program pemerintah untuk mendukung usaha di sektor tersebut. Namun, masing-masing bank mempunyai produk kredit usaha kecil dan menengah yang berbeda-beda. Ketua Asosiasi Pelaku Ekonomi Usaha Kecil H.M. Saiffudin mengungkapkan pelaku usaha kecil harus cermat dalam memilih program kredit usahanya. Misalnya saja, untuk pinjaman yang di bawah Rp 20 juta bisa menggunakan program KUR, sementara untuk kredit usaha di atas jumlah tersebut tersedia di beberapa bank BUMN dan swasta.

Uki, 45, adalah seorang pemilik usaha penginapan murah di Yogyakarta. Tahun 2010 lalu, ia meminjam Rp 5 juta untuk perluasan parkir di tempat usahanya melalui program KUR. Waktu itu, Uki mengatakan, jangka waktu pinjaman adalah satu tahun dengan bunga sekitar 20% per tahun –lebih ringan dari bunga KTA. “Tahun 2011, lanjut pinjam Rp 10 juta dalam dua tahun, dan 2011 pinjam lagi Rp 20 juta dalam tiga tahun,” ungkapnya kepada LiveOlive. Menurutnya, meminjam uang melalui program KUR “sangat ringan” dan tidak memberatkan perputaran keuangan usahanya Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar