Kamis, 11 Desember 2014

Bagaimana Mengajarkan Hidup Hemat dan Sederhana Untuk Anak Anda

Perencanaan Keuangan - Ada pepatah yang beredar di masyarakat kita yang mengatakan bahwa hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin. Di dalam prakteknya hal tersebut benar adanya, kehidupan kita sehari-hari yang serba tidak menentu memaksa setiap orang mencari cara agar kehidupan pribadi serta keluarganya terhindar dari kesulitan-kesulitan keuangan salah satunya adalah dengan berhemat, agar tetap memiliki sumber penghidupan yang layak manusia-manusia modern saat ini perlu bekerja keras.

Kebutuhan yang komplek meliputi kebutuhan pangan, sandang, papan dan kesehatan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Nyatanya ada banyak keluarga yang tidak beruntung, dengan penghasilan bulanan yang pas-pasan memaksa mereka untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu seminim mungkin.

Bagi sebagian besar orang kita harus hidup secara hemat agar sejahtera. Persaingan dalam bidang pendidikan dan pekerjaan membuat peluang-peluang yang ada semakin sempit, jika kita tidak berhati-hati merencanakan masa depan kita, maka kita bisa terjerumus ke dalam lembah kesengsaraan hidup.


Ada banyak orang yang secara sadar atau tidak sangat sulit untuk menerapkan pola hidup hemat dalam kesehariannya. Perilaku konsumtif pada masayarakat seringkali tidak dibarengi dengan keadaan perekonomian yang mendukung, akibat yang ditimbulkannya adalah lebih besar pasak daripada tiang.

Jika hal ini dibiarkan terjadi berlarut-larut dan tidak terkontrol bukan hanya pribadi orang tersebut yang akan terkena imbasnya, jika dia telah berkeluarga maka seluruh anggota keluarganya juga akan menderita. Bijaksana dalam mengotrol pengeluaran bukan bermaksud mengajarkan kepada kita untuk menjadi pelit.

Mengajarkan seseorang untuk bergaya hidup hemat dan bijaksana dalam membuat pengeluaran keuangan agar mendapatkan hasil yang maksimal tidak bisa diajarkan dalam waktu singkat. Berikut ada beberapa cara yang saya tawarkan kepada Anda yang mudah-mudahan dapat diterapkan: Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar