Selasa, 16 Desember 2014

Masa Liburan, Waspadai Isi Dompet Anda!

Perencanaan Keuangan - Dalam masa liburan seperti Natal dan Lebaran orang selalu memiliki kecenderungan untuk membeli lebih banyak dari yang dibutuhkan dan menghabiskan lebih banyak tanpa memperhitungkan konsekuensi bahwa tindakan mereka dapat membawa dampak kebocoran finansial.

Oleh karena itu, tak selalu berarti bahwa karena saat itu adalah hari libur, Anda memiliki semua alasan di dunia ini untuk membeli apa pun yang Anda inginkan dan menghabiskan sebanyak mungkin yang Anda inginkan. Banyak yang berpendapat bahwa liburan seperti Natal dan Lebaran hanya terjadi setahun sekali, jadi Anda tidak akan keberatan menghambur-hamburkan uang di momen penting keluarga tersebut.

Masalahnya adalah bahwa memberikan sesuatu yang berarti  hanya untuk semangat liburan tidak berarti Anda harus membuang uang Anda tanpa guna. Anda masih dapat menghadirkan sesuatu yang akan sangat dihargai tanpa harus menghabiskan lebih banyak uang.

Berikut caranya:

1. Buatlah anggaran dan menaatinya
Masalah dengan kebanyakan orang adalah bahwa mereka relatif mudah membuat anggaran namun  tidak pernah mematuhi anggaran yang telah Anda buat sendiri.  Jadi apa gunanya membuat anggaran ketika Anda tidak tahu bagaimana untuk menyesuaikan diri dengan apa yang telah Anda  nyatakan dalam anggaran Anda? Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar