Rabu, 26 November 2014

Bisnis Rental Mobil Dengan Dana Terbatas

Anda tentunya menyadari bahwa di bulan desember ini menjelang hari libur natal dan tahun baru, bisnis yang cukup ramai menuai pelanggan adalah persewaan mobil. Ya, bisnis persewaan mobil memang memiliki prospek yang cukup menarik dan menjanjikan. Namun, resiko yang ditanggung juga cukup besar lantaran modal yang dikeluarkan pun besar.

Kebanyakan orang memulai bisnis rental mobil dengan membeli mobil dari dana pribadi dengan sistem kredit. Harapannya, mereka hanya perlu membayar uang muka dan hasil dari menyewakan itulah yang akan disalurkan untuk membayar cicilan setiap bulannya, sebelum menjadi keuntungan bersih. Namun, jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang bagus, harapan ini akan musnah yang lantas berujung kepada aksi gulung tikar alias bangkrut.

Hal inilah yang membuat banyak orang ketakutan dan tidak bernyali untuk mengeluarkan modal besar membeli mobil demi mendanai bisnis rental mobil ini. Padahal, ada cara-cara tersendiri untuk mengelola bisnis ini dengan biaya yang relatif kecil. Penasaran? Yuk simak beberapa tips DompetPintar.com berikut :

Pergunakan mobil orang lain
Jika saat ini Anda tidak memiliki moil atau hanya memiliki satu mobil, cobalah untuk mengajak relasi atau saudara Anda yang memiliki mobil atau dana lebih untuk ikut membangun bisnis rental ini bersama Anda. Ajukan model kerjasama revenue sharing, dimana Anda berbagi keuntungan dari persewaan mobil kepada partner bisnis Anda. Misalkan saudara Anda memiliki mobil yang jarang dipergunakan sehingga daripada terus bertengger di garasi, saudara Anda dapat memanfaatkannya untuk mendulang uang. Jika dalam sebulan mobil tersebut disewa selama 15 hari dengan harga sewa Rp 300.000 per hari, maka dalam sebulan mobil tersebut menghasilkan dana sekitar 4,5 juta. Dengan skema bagi hasil 70 : 30 untuk pemilik mobil, maka saudara Anda dapat menghasilkan uang senilai Rp 3.150.000. Sedangkan Anda akan mendapatkan Rp 1.350.000 untuk usaha marketing dan operasional Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar