Senin, 24 November 2014

Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Perencanaan Keuangan - Sebagai seorang mahasiswa, sudah saatnya kamu menguasai beberapa kemampuan penting yang akan membantumu hidup mandiri dan lepas dari bayang-bayang orang tua, salah satunya adalah kemampuan mengelola keuangan. Tidak ada salahnya kamu menguasai kemampuan ini dari sekarang, paling tidak supaya di akhir bulan kamu bisa mencoret mie instan dari daftar menu utamamu. Simak 5 tips berikut Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Mahasiswa yang dilansir dari DompetPintar.Com bagi kamu-kamu yang saat ini masih terdampar di bangku kuliah.
 
Buatlah budget bulanan
Catat semua pengeluaran dan pemasukanmu. Anggarkan dana untuk kebutuhan wajib seperti biaya kuliah, uang kos, uang buku dan uang makan. Setelah itu, anggarkan juga untuk kebutuhan-kebutuhan sekunder seperti hiburan, pakaian dan tabungan. Jangan pernah malas untuk mencatat semua aktivitas keuanganmu, dan lakukanlah pengecekan di akhir bulan apakah anggaran telah sesuai dengan kenyataan?

Bedakan KEBUTUHAN dan KEINGINAN
Selalu tanyakan pada diri sendiri jika kamu hendak membeli sesuatu, apakah barang tersebut memang kamu BUTUHkan atau hanya sekedar keINGINan? Sebisa mungkin jangan mengalah kepada dorongan spontan untuk membeli sesuatu. Pikir matang-matang dan sesuaikan dengan budget bulanan yang sudah kamu buat Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar