Kamis, 13 November 2014

Dorongan yang Membuat Anda Menjadi Enterpreneur

Start-Up Bisnis - Menjalankan bisnis milik sendiri akan menyita banyak waktu anda, jadi sangat penting untuk mengetahui “what drives you to do this”, apa alasan anda menjalankan bisnis ini? Terkadang tidak mudah untuk seorang entrepreneur menjawabnya.

Tuntunan berikut mungkin berguna untuk mengetahui alasan apa yang mendorong anda menjalankan bisnis anda.

Saya ingin memulai bisnis karena saya punya “ide yang luar biasa”

Jika ditanya “kenapa anda memulai bisnis?” kemudian anda menjawab “karena saya punya ide yang luar biasa” maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini
  • Jika anda telah memiliki ide hebat yang dapat memuaskan kebutuhan dari suatu market yang cukup besar, anda memiliki potensi untuk membangun bisnis, mengeksekusinya dengan cepat dan efisien.
  • Ide brilian, menarik dan original sangat mudah menular ke orang lain, ceritakan ide anda pada orang lain maka investor dan customer akan datang.
  • Berhati-hatilah bahwa banyak orang percaya bahwa mereka memiliki ide bisnis yang fantastis,  tetapi akhirnya mereka sadar bahwa mereka tidak memiliki market nyata untuk bisnis mereka, sehingga ide yang katanya “fantastis” itu malah dieksekusi oleh orang lain terlebih dahulu atau produk yang mereka pikirkan terlalu sulit, terlalu mahal untuk dibuat sehingga tidak bisa dieksekusi.
  • Apabila anda baru memiliki ide yang belum berbentuk produk, lakukanlah riset pasar.
  • Setiap produk atau jasa dibuat untuk menjembatani kesenjangan yang ada di market, idealnya anda memiliki lebih dari satu keunikan dari produk anda (Unique Selling Proposition) dibandingkan pesaing di pasar.
  • Perhatikan hak paten dan intelektual property (IP), pastikan ide anda tidak melanggar/ meniru intelektual property orang lain Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar