Start-Up Bisnis
- Apapun jenis bisnis yang dijalankan, seorang penjual harus menghadapi
kompetitor yang juga menjual produk sejenis. Kecuali dalam pasar
monopoli, seorang penjual dituntut untuk mampu berbisnis secara
kompetitif agar bisnisnya bisa unggul dari pesaing. Bagi penjual online,
jumlah kompetitor yang harus dihadapi relatif lebih banyak sebab ruang
lingkup bisnisnya luas. Agar dapat unggul dari kompetitornya, penjual
online perlu menerapkan strategi-strategi khusus saat berbisnis.
Sebagai
penjual online, pastinya Anda berharap agar konsumen lebih memilih
berbelanja di toko online Anda ketimbang toko online kompetitor. Anggota
tim divisi seller handbook sebuah situs jual-beli internasional Jeff
Shah menyebutkan empat strategi bersaing dengan kompetitor.
Pahami konsumen Anda
Apa
kebutuhan konsumen? Apa yang sesungguhnya dicari oleh mereka? Apakah
kualitas produk yang Anda jual baik di mata konsumen? Apakah harga yang
Anda tetapkan sesuai dengan daya beli konsumen? Pertanyaan-pertanyaan
semacam ini perlu Anda temukan jawabannya. Semakin Anda memahami
konsumen, semakin besar peluang Anda memenangkan perhatian pembeli agar
berbelanja di toko online Anda.
Kenali kompetitor
Memantau
ruang gerak kompetitor bisa menjadi alternatif bersaing dengan
kompetitor tersebut. Mengetahui strategi mengelola bisnis yang dilakukan
kompetitor memberi Anda gambaran tentang “kekuatan” bisnis dari
kompetitor yang Anda harus hadapi. Selain itu, apa yang dilakukan
kompetitor bisa Anda jadikan referensi sebelum mengambil keputusan
bisnis Continue Reading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar