Selasa, 25 November 2014

Tips Agar Tidak Kalah Bersaing dengan Kompetitor Dalam Bisnis Online

Start-Up Bisnis - Apapun jenis bisnis yang dijalankan, seorang penjual harus menghadapi kompetitor yang juga menjual produk sejenis. Kecuali dalam pasar monopoli, seorang penjual dituntut untuk mampu berbisnis secara kompetitif agar bisnisnya bisa unggul dari pesaing. Bagi penjual online, jumlah kompetitor yang harus dihadapi relatif lebih banyak sebab ruang lingkup bisnisnya luas. Agar dapat unggul dari kompetitornya, penjual online perlu menerapkan strategi-strategi khusus saat berbisnis.

Sebagai penjual online, pastinya Anda berharap agar konsumen lebih memilih berbelanja di toko online Anda ketimbang toko online kompetitor. Anggota tim divisi seller handbook sebuah situs jual-beli internasional Jeff Shah menyebutkan empat strategi bersaing dengan kompetitor.

Pahami konsumen Anda
Apa kebutuhan konsumen? Apa yang sesungguhnya dicari oleh mereka? Apakah kualitas produk yang Anda jual baik di mata konsumen? Apakah harga yang Anda tetapkan sesuai dengan daya beli konsumen? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini perlu Anda temukan jawabannya. Semakin Anda memahami konsumen, semakin besar peluang Anda memenangkan perhatian pembeli agar berbelanja di toko online Anda.

Kenali kompetitor
Memantau ruang gerak kompetitor bisa menjadi alternatif bersaing dengan kompetitor tersebut. Mengetahui strategi mengelola bisnis yang dilakukan kompetitor memberi Anda gambaran tentang “kekuatan” bisnis dari kompetitor yang Anda harus hadapi. Selain itu, apa yang dilakukan kompetitor bisa Anda jadikan referensi sebelum mengambil keputusan bisnis Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar