Kamis, 13 November 2014

Kiat Mengatur Keuangan Jelang Kenaikan BBM

Leo Akbar, perencana keuangan dari Mega Asset Management mengatakan, berapapun kenaikan harga BBM, hal itu pasti akan menjadi pukulan yang lumayan berat bagi masyarakat. Apalagi, naiknya harga BBM pasti akan memberikan efek domino. Bukan hanya biaya transportasi yang meningkat, tetapi juga harga barang-barang konsumsi pasti akan naik cukup signifikan. Mau tak mau, pengeluaran rumah tangga akan ikut terkerek naik juga.

Memang, belum ada kepastian dari pemerintah kapan rencana akan menaikkan harga BBM. Menurut Leo, daripada menunggu dengan cemas, Anda sebaiknya melakukan persiapan sesegera mungkin untuk menghadapinya. Salah satunya adalah dengan membuat list dan menentukan pos pengeluaran mana saja yang sekiranya bisa dikurangi.

Nah, salah satu pos pengeluaran yang menurut Leo bisa mulai dikurangi dari sekarang adalah telekomunikasi. Saat ini, sudah umum satu orang memiliki dua handphone, dan itu berarti pengeluaran di pos ini berlipat. Alih-alih mengoperasikan dua nomor sekaligus, saran Leo lebih baik satu saja sehingga dananya bisa dialokasikan untuk menutup pengeluaran lainnya.

Selain pos telekomuniksi, pos operasional juga mungkin dikoreksi. “Kalau biasanya membawa kendaraan pribadi bisa turun sedikit dengan naik angkutan massa seperti Trans Jakarta kalau di Jakarta,” katanya.

Nah,yang juga tidak kalah penting adalah melakukan perubahan gaya hidup. Tidak dimungkiri, di antara pos pengeluaran lainnya, biaya entertaiment merupakan pengeluaran yang terbesar. Maklum, buat orang-orang yang hidup di kota besar, Anda mungkin di antaranya, sangat butuh sekali hiburan karena tingkat stress yang cukup tinggi Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar