Selasa, 18 November 2014

Hati-Hati 5 Modus Penipuan Mengintai Pengguna ATM

Automated teller machine, atau ATM, telah menjadi bagian dari keseharian banyak orang yang menggunakannya tidak hanya untuk mengambil uang, tapi juga untuk melakukan berbagai kegiatan perbankan lainnya seperti transfer dan membayar tagihan bulanan.

Populernya ATM membuat penipu menargetkan mesin tersebut dan penggunannya dalam melakukan kejahatan, yang berujung pada kehilangan uang para pengguna.

Nah, ada beberapa modus penipuan yang lazim digunakan penipu. Mengenali modus-modus ini akan membantu Anda mengetahui jika ada sesuatu yang janggal pada ATM yang Anda akan gunakan, dan menghindari pengunaan ATM tersebut.

1. Menganjal ATM
Penipu bisa meletakkan sesuatu pada slot kartu yang akan menyebabkan kartu kredit terperangkap di slot tersebut.

Jika ATM terletak di luar cabang bank, korban biasanya akan langsung meninggalkan ATM untuk mencari bantuan di dalam. Disinilah penipu, yang sebetulnya sudah mengawasi korban saat memasukkan PIN, akan beraksi. Dia akan melepaskan kartu dari perangkap yang dibuat, lalu memasukkannya lagi berserta PIN yang benar untuk mengambil uang.

Atau, penipu bisa berpura-pura membantu korban dengan mengeluarkan kartu dan menyuruh korban untuk mencoba memasukkannya lagi sambil mengecek PIN. Disaat ini, penipu akan mengingat-ingat PIN korban.

2. Memasang alat skimming
Alat skimming dapat dipasang di mesin ATM untuk merekam informasi yang disimpan di kartu Anda, seperti nomor rekening dan PIN Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar