Selasa, 18 November 2014

Usia 40 Belum Ada Kata Terlambat untuk Rencanakan Keuangan

Usia 40 adalah usia, di mana Anda akan merasakan hasil dari langkah-langkah keuangan yang telah diambil pada usia dua puluhan dan tiga puluhan.

Biasanya, mereka yang di usia empat puluhan berada di puncak karir. Terapi, pada saat yang sama, harus mulai menjalankan rencana pensiun yang mereka telah rancang sebelumnya.

Selain menjalankan rencana pensiun, Anda juga bertanggung jawab menyiapkan anak-anak menghadapi masa dewasa, seperti dengan mengirim mereka untuk kuliah.

Jika Anda sudah memasuki usia empat puluhan, inilah beberapa rencana keuangan yang bisa Anda ambil:

1. Hitunglah aset dan utang Anda
Ini adalah saatnya menginventarisasi apa saja aset serta utang Anda. Ini adalah salah satu cara mengukur kesehatan keuangan Anda. Ini penting bagi Anda dalam membuat rencana keuangan ke depan.

Jika masih ada bagian yang ingin Anda perbaiki, sekaranglah saatnya Anda melakukannya. Misalnya, jika Anda tidak terlalu ingin banyak utang, mulailah mengurangi penggunaan kartu kredit.

2. Hindari utang besar yang baru
Sejalan dengan menggunakan kartu kredit secara bijak, Anda harus membuat target untuk menutup utang-utang besar. Antara lain, seperti kredit pemilikan rumah (KPR), kredit tanpa agunan (KTA), dan kredit kendaraan. Anda sebaiknya melunasi pembayaran utang-utang besar ini, sebelum memasuki usia pensiun, di mana penghasilan di saat pensiun bisa saja tidak setinggi kini Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar