Kamis, 06 November 2014

Investasilah Sedini Mungkin!!

Apakah Anda anak seorang konglomerat? Jika ya, Anda orang yang beruntung. Sebab, bisa dipastikan, semua kebutuhan hidup Anda saat ini dan di masa yang akan datang akan terpenuhi.  Dalam kondisi seperti ini, sah-sah saja jika Anda sering mengutip semboyan Muda foya-foya, tua kaya raya, dan mati masuk surga?.

Masalahnya, orang yang berstatus anak konglomerat hanya segelintir. Mayoritas dari kita adalah orang biasa yang harus sekolah, kuliah, dan kemudian bekerja untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup. Sampai di sini, masalah belum selesai. Setiap orang harus menghadapi kenyataan bahwa kebutuhan terus bertambah seiring pertambahan usia, sementara penghasilan bersifat terbatas. Untuk memperoleh uang lebih banyak, kita memang bisa bekerja lebih lama. Cuma, waktu yang tersedia untuk bekerja ada batasnya.


Seandainya kita bisa membelah diri, barangkali, masalah itu bisa teratasi. Namun, tak perlu pusing memikirkan cara membelah diri. Sebab, sebenarnya, Anda bisa mempekerjakan uang Anda sendiri agar memperoleh uang lebih banyak. Caranya adalah dengan berinvestasi.

Secara sederhana, investasi adalah penempatan dana untuk memperoleh keuntungan di masa mendatang. Dengan investasi, di saat Anda bekerja, tidur, atau pelesiran; uang yang Anda investasikan itu akan berbiak.

Ketidaksesuaian antara kebutuhan dan penghasilan bukan satu-satunya alasan berinvestasi. Alasan lainnya adalah inflasi. Banyak orang bilang, inflasi itu ibarat pencuri. Tanpa kita sadari, ia sering datang menyelinap dan merampok kita habis-habisan. Inflasi juga tidak pandang bulu. Orang miskin, setengah kaya, maupun kaya raya tak bisa menghindar saat inflasi datang. Nilai hampir semua jenis aset mereka menyusut tanpa ampun.

Inflasi juga sering merusak rencana-rencana keluarga. Misalnya, duit yang ditabung di bank tak cukup lagi membiayai sekolah anak karena tiba-tiba pengelola sekolah menaikkan uang pangkal. Contoh lain, harga yang selalu naik saban tahun membuat mobil impian tak kunjung terbeli Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar