Start-Up Bisnis
- Prinsip 5W+1H dikenal luas oleh mereka yang berkecimpung di dunia
jurnalistik sebagai pedoman penulisan berita atau artikel. Sistem
penulisan yang menyertakan unsur what, who, where, when, why, dan how
dalam berita membuat apa yang ditulis oleh seorang jurnalis menjadi
valid, objektif, dan informatif. Yang menarik, prinsip 5W+1H ini dapat
diterapkan oleh calon penjual untuk menentukan dan mematangkan ide
bisnis online yang hendak dijalaninya. Bagi para penjual yang telah
memiliki bisnis online, prinsip 5W+1H dapat diterapkan untuk mengukuhkan
branding bisnisnya. Bagaimana prinsip 5W+1H dapat diimplementasikan
dalam dunia bisnis online?
Prinsip 5W+1H dimulai dengan menemukan
jawaban dari pertanyaan-pertanyaan penting dan mendasar seputar ide
bisnis online yang hendak Anda bangun.
What kind of business?
Bisnis
jenis apa yang hendak Anda rintis? Ini adalah pertanyaan mendasar namun
krusial saat Anda hendak memulai bisnis. Dalam bisnis online, Anda
perlu memikirkan tentang jenis usaha yang sesuai dengan diri Anda.
Sesuai di sini berarti cocok dengan kemampuan, pengetahuan, dan minat
Anda. Meskipun bukan merupakan keharusan, memulai bisnis di bidang yang
sesuai dengan minat, ketertarikan, atau hobi diprediksi akan lebih tahan
lama. Alasannya, Anda memulai bisnis di bidang yang memang benar-benar
Anda sukai dan Anda pahami secara mendalam.
Selain itu, Anda perlu
jeli melihat peluang di bidang bisnis yang Anda jalani. Bagaimana minat
konsumen terhadap produk yang direncanakan akan dijual oleh bisnis
Anda? Berapa banyak kompetitor produk sejenis di bidang bisnis tersebut?
Pertimbangkanlah aspek kondisi pasar sebelum Anda menentukan jenis
bisnis online.
Who’s the target?
Menjual
kepada konsumen secara umum hanya akan membuat bisnis Anda tidak fokus.
Tentukanlah siapa target pasar yang hendak Anda tuju. Dengan menentukan
target pasar, Anda akan mendapat gambaran tetang karakteristik serta
kebutuhan kalangan yang menjadi target pasar Anda. Memahami karakter,
perilaku, dan kebutuhan konsumen membantu Anda dalam menentukan fungsi
dan kelebihan produk yang akan Anda jual. Apa yang dibutuhkan oleh
target pasar? Media sosial apa yang sering digunakan oleh target pasar
Anda? Jika paham mengenai target pasar, Anda bisa melalukan pemasaran
dan strategi penjualan yang tepat dan efektif Continue Reading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar