Kamis, 27 November 2014

Ingin Buka Bisnis Online? Terapkan Prinsip 5W+1H

Start-Up Bisnis - Prinsip 5W+1H dikenal luas oleh mereka yang berkecimpung di dunia jurnalistik sebagai pedoman penulisan berita atau artikel. Sistem penulisan yang menyertakan unsur what, who, where, when, why, dan how dalam berita membuat apa yang ditulis oleh seorang jurnalis menjadi valid, objektif, dan informatif. Yang menarik, prinsip 5W+1H ini dapat diterapkan oleh calon penjual untuk menentukan dan mematangkan ide bisnis online yang hendak dijalaninya. Bagi para penjual yang telah memiliki bisnis online, prinsip 5W+1H dapat diterapkan untuk mengukuhkan branding bisnisnya. Bagaimana prinsip 5W+1H dapat diimplementasikan dalam dunia bisnis online?

Prinsip 5W+1H dimulai dengan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan penting dan mendasar seputar ide bisnis online yang hendak Anda bangun.


What kind of business?
Bisnis jenis apa yang hendak Anda rintis? Ini adalah pertanyaan mendasar namun krusial saat Anda hendak memulai bisnis. Dalam bisnis online, Anda perlu memikirkan tentang jenis usaha yang sesuai dengan diri Anda. Sesuai di sini berarti cocok dengan kemampuan, pengetahuan, dan minat Anda. Meskipun bukan merupakan keharusan, memulai bisnis di bidang yang sesuai dengan minat, ketertarikan, atau hobi diprediksi akan lebih tahan lama. Alasannya, Anda memulai bisnis di bidang yang memang benar-benar Anda sukai dan Anda pahami secara mendalam.

Selain itu, Anda perlu jeli melihat peluang di bidang bisnis yang Anda jalani. Bagaimana minat konsumen terhadap produk yang direncanakan akan dijual oleh bisnis Anda? Berapa banyak kompetitor produk sejenis di bidang bisnis tersebut? Pertimbangkanlah aspek kondisi pasar sebelum Anda menentukan jenis bisnis online.

Who’s the target?
Menjual kepada konsumen secara umum hanya akan membuat bisnis Anda tidak fokus. Tentukanlah siapa target pasar yang hendak Anda tuju. Dengan menentukan target pasar, Anda akan mendapat gambaran tetang karakteristik serta kebutuhan kalangan yang menjadi target pasar Anda. Memahami karakter, perilaku, dan kebutuhan konsumen membantu Anda dalam menentukan fungsi dan kelebihan produk yang akan Anda jual. Apa yang dibutuhkan oleh target pasar? Media sosial apa yang sering digunakan oleh target pasar Anda? Jika paham mengenai target pasar, Anda bisa melalukan pemasaran dan strategi penjualan yang tepat dan efektif Continue Reading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar